Pages

Rabu, 07 Maret 2012

TINJAUAN PROSES PEMBUATAN SOSIS AYAM DI PT ADI BOGA CIPTA SALATIGA

ABSTRAK

UMI SARIFAH. 2012. H2E 008 037. Tinjauan Proses Pembuatan Sosis Ayam di PT. Adi Boga Cipta Salatiga (Pembimbing : Ahmad N. Al-Baarri, S. Pt., MP., Ph. D )

Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini bertujuan untuk Mengamati dan mengetahui serta mempelajari proses pembuatan sosis ayam di PT. Adi Boga Cipta Salatiga. Praktek Kerja Lapangan ini dilaksanakan bulan September sampai Oktober 2011 di PT. Adi Boga Cipta Salatiga.

Materi yang diamati sebagai objek pengamatan dalam Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini adalah seluruh kegiatan proses pembuatan sosis ayam mulai dari tahap pengadaan bahan baku sampai dengan produk akhir. Metode yang digunakan yaitu melakukan praktek, pengamatan dan observasi serta pencatatan untuk memperoleh data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui pengamatan, observasi, wawancara dan partisipasi aktif di lapangan. Data sekunder diperoleh melalu studi pustaka tentang proses pembuatan sosis ayam serta catatan-catatan produksi yang dimiliki oleh PT. Adi Boga Cipta Cabang Salatiga.

Hasil dari Praktek Kerja Lapangan menunjukkan bahwa pengolahan sosis ayam di PT. Adi Boga Cipta Salatiga sudah baik dan sesuai dengan acuan pustaka yang digunakan. Proses pengolahan sosis dimulai dari pemilihan daging ayam, penggilingan, pencampuran atau pengadukan, pemasukan kedalam selongsong, pemasakan, pendinginan, pengemasan dan pengepakan. Perlu dilakukan penambahan karyawan agar proses pengolahan berjalan lancar mengingat banyaknya produk yang diproduksi di perusahaan tersebut. Prosedur pengolahan sosis sudah baik akan tetapi penggunaan selongsong sosis yang menggunakan bahan plastik sebaiknya diganti dengan menggunakan kolagen. Peralatan yang digunakan untuk proses produksi lebih di jaga kebersihannya dan lebih meningkatkan proses sanitasi.

Kata Kunci : Daging ayam, sosis ayam