Pages

Rabu, 07 Maret 2012

Mobil Esemka: Karya Anak Bangsa

Oleh : Umi Sarifah

Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro

Cintai Produk Indonesia, sebuah kalimat yang selalu didengungkan dan dipajang baik media cetak maupun media elektronik, namun belum memberi efek yang signifikan. Rakyat Indonesia masih banyak yang lebih cinta produk asing dari pada produk tanah air, mulai dari fashion, food, film, bahkan alat-alat rumah tangga yang notabenya rakyat indonesia mampu membuatnya dengan kualitas yang tidak kalah jauh dengan produk impor.

Akhir-akhir ini publik dikejutkan oleh mobil yang dibuat oleh pelajar SMK, mobil yang menjadi rebutan beberapa pejabat yang ingin memakai dan memesannya. Sebuah Mobil Esemka sebagai persembahan untuk Indonesi tercinta, sekaligus membuktikan lagi generasi muda mampu dan bisa membuat suatu karya yang bisa dibanggakan. Meski kualitas mobil ini tidak sebaik buatan luar negeri tapi dengan dukungan dan keberpihakan pemerintah terhadap karya anak bangsa sangat perlu untuk mengembangkan dan mengoptimalkan produk Indonesia, sehingga nantinya dapat bersaing dikancah internasional.

Sudah banyak karya anak bangsa yang diberikan untuk negeri ini, tapi sayangnya dukungan dari pemerintah masih sangat kurang. Pemerintah sebagai pemimpin dan wakil rakyat yang semestinya dapat memberi contoh dalam pemakaian produk karya anak Indonesia, malah dengan bangga memakai produk asin dengan keegoiasan pribadi yang tidak mau dipandang sebelah mata oleh orang lain karena memakai produk dalam negeri. Akhirnnya karena kurangnya dukungan dan apresiasi dari pemerintah, pemasaran produk asli indonesia kalah bersaing dengan produk luar, sangat ironis sekali, produk dari negara sendiri yang pemasarannya di lakukan di tanah air sendiri kalah dengan produk yang diproduksi oleh negara lain. Rakyat dengan bangga antri di tempat pemasaran produk-produk impor, sementara penjual produk Indonesia duduk termenung menunggu pembeli dan berharap masyarakat Indonesia mau tergugah hatinya dengan membeli dan mengkonsumsi produk nasional.

Mobil Esemka merupakan salah satu karya generasi muda Indonesia, diberbagai wilayah Indonesia, masih banyak karya-karya anak bangsa yang belum terpublikasikan. Padahal melihat potensi generasi muda dari mulai tingkat SMA/SMK sampai perguruan tinggi, sangat mungkin untuk menghasilkan produk-produk yang bermanfaat dan berkualitas sehingga dapat memperkaya produk asli buatan Indonesia, sekaligus sebagai upaya kebangkitan Produk tanah air. Kebangkitan Produk tanah air dapat tercapai apabila ada kerjasama dan apresiasi positif dari pemerintah Indonesia, agar generasi muda mampu melahirkan dan menciptakan karya yang bermutu dan berkualitas sehingga Indonesia dapat menjadi negara yang PRODUKTIF bukan negara yang KONSUMTIF.